Minggu, 02 Maret 2014

Taman UMP Kurang Perawatan

1 komentar

Taman UMP Kurang Perawatan
Sampah terlihat menggenangi kolam di taman  UMP                     (Bhas_doc)
            BHASKARA - UMP tengah mempermanis wajahnya dengan membangun sejumlah gedung dan taman. Sayang, pembangunan itu tidak diselaraskan dengan adanya perawatan. Seperti terbengkalainya taman UMP sebelah Fakultas Ekonomi, padahal baru berumur tiga tahun. Hal tersebut, dapat dilihat kubangan air kolam yang berwarna hijau berlumut. Bahkan sampah plastik sisa bungkus makanan, botol minuman dan batang kangkung menumpuk di sekitar kolam.
            "Kolamnya keliatan nggak terurus ya, padahal kan kalo dirawat bakal bikin nyaman,dan memperindah suasana," ungkap mahasiswa Fakultas Teknik semester dua, Endang Wibiana, kemarin (1/2) kepada LPM Bhaskara.
            Senada dengan Endang, mahasiswa PBSI, Gilang Volyantini. Dia mengatakan kolam seharusnya dapat dimaksimalkan penggunaannya. Menurutnya, apabila dapat dimanfaatkan dengan benar, kolam tersebut menjadi tempat yang menyenangkan bagi civitas akademika UMP.
            "Jika kolam tersebut untuk memperindah UMP, seharusnya dirawat dengan baik, agar bisa difungsikan sebagaimana mestinya," katanya.
            Saat dikonfirmasi perihal persoalan tersebut, Kepala Rumah Tangga UMP, Adhi Nugroho mengakui adanya kelalaian untuk merawat taman tersebut. Namun, dia berdalih terkait pembersihan di seluruh lingkungan UMP, sebenarnya dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Menurutnya kelalaian tersebut dikarenakan padatnya jadwal kegiatan di UMP sendiri.
            "Kami mengakui bahwa dari pihak kami melalaikan kolam itu. Padahal, sebenarnya pembersihan itu dilaksanakan secara rutin terjadwal, yaitu sekali dalam seminggu oleh petugas  K5 yang beranggotakan 10 orang. Akan tetapi dalam kurun waktu 3 bulan belakangan ini pihaknya tidak melaksanakanya. Ini karena, kami mendahulukan berbagai kegiatan yang diselenggarakan UMP seperti, NETS, atau pun kedatangan Prabowo beberapa waktu lalu yang membutuhkan banyak tenaga. Tapi, untuk rencana ke depan mengenai kolam itu, Pada pertengahan minggu depan pihaknya akan membersihkanya," dalihnya.
            Terpisah, Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Joko Purwanto menyatakan K5-lah yang bertanggung jawab untuk mengelola lingkungan UMP. Karena dia tidak mungkin untuk selalu mengawasi lingkungan setiap harinya. Oleh karena itu, keadaan sekarang seperti apa, dia tidak mengetahuinya.
"Sebagai pemimpin saya juga nggak mungkin setiap kali mengecek kesana. Dan keadaan sekarang ini saya tidak tahu,  karena sebenarnya yang bertanggung jawab akan hal ini ya bidang K5 tetapi mahasiswa juga harus ikut menjaganya agar kolam tetap dalam keadaan bersih,” ujarnya.
            Joko menambahkan, kolam di taman depan Fakultas Ekonomi sebenarnya untuk menampung air. Tapi dia juga tidak menampik kolam tersebut juga untuk memperindah UMP.
            "Sebenarnya tujuan utama dibangunkannya kolam ditengah taman itu bertujuan untuk penampungan air. Karena dikala musim hujan daerah belakang taman itu banjir sehingga dibuatlah kolam untuk penampungan air, selain itu juga untuk memperindah taman ketika duduk di taman bisa melihat kolam dan bisa sambil memancing karena ada ikannya," katanya. (Bhas_ven,wij,vri)

One Response so far

  1. ZAHARA says:

    mEMANG PERLU MASUKAN

Leave a Reply

| Bhaskara online feeds |

Tanggapi Artikel

Labels